WebGIS

Pembuatan WebGIS Program Bantuan Stimulan Swadaya (BSPS) Aceh

Spread the love

Pengadaan rumah secara swadaya ini telah banyak merumahkan masyarakat Indonesia, terutama MBR. Namun, permasalahan yang muncul dari pembangunan rumah secara swadaya oleh masyarakat yang memiliki sumber daya terbatas adalah minimnya perencanaan dan pengetahuan teknis mengenai rumah layak huni (RLH). Hal ini menyebabkan kondisi rumah yang dibangun dalam jangka panjang menjadi tidak layak huni atau lebih dikenal dengan RTLH. Karena itulah, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan fasilitasi kepada masyarakat untuk mewujudkan rumah layak huni secara swadaya dengan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). 

Website GIS merupakan aplikasi Geographic Information System (GIS) yang dapat diakses secara online melalui internet / web. Pada konfigurasi WebGIS ada server yang berfungsi sebagai MapServer yang bertugas memproses permintaan peta dari client dan kemudian mengirimkannya kembali ke client. Dalam hal ini pengguna / client tidak perlu mempunyai software GIS, hanya menggunakan internet browser seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, atau Google Chrome untuk mengakses informasi GIS yang ada di server.

Program Bantuan Stimulan Swadaya (BSPS) Aceh mengembangkan aplikasi webGIS untuk melihat sebaran penerima manfaat. Dengan webGIS, maka tidak diperlukan lagi instalasi aplikasi GIS desktop untuk melihat data spasial, cukup dengan web Browser seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari dan lain-lain. Aplikasi ini memadukan beberapa Teknologi web dan GIS terkini seperti Desktop application untuk mengolah bahan data spasial untuk diupload ke web (ArcGIS/QGIS) dan teknologi web (HTML, Bootstrap, JavaScript, LeafletJS, GeoJSON, Laravel Framework).

Halaman ini dapat di akses dengan URL: https://bspsaceh.my.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *